Ayo buruan bergabung dengan STIKOM Dinamika Bangsa Jambi, MAJU BERSAMA MENCERDASKAN BANGSA.
KEBIJAKAN PENERIMAAN MAHASISWA BARU
STIKOM DINAMIKA BANGSA
TAHUN AKADEMIK 2013/ 2014
- Informasi dan Pendaftaran
Untuk informasi PMB dan pendaftaran Calon mahasiswa/I baru dapat dilakukan pada alamat berikut :
Kampus STIKOM Dinamika Bangsa
Jl. Jend. Sudirman, Thehok – Jambi
Telepon : 0741-35095
Fax : 0741-35093
Informasi mengenai PMB juga dapat diperoleh melalui website : http://www.stikom-db.ac.id
Permintaan informasi dan pendaftaran mahasiswa baru dapat dilakukan setiap hari pada jam kerja sebagai berikut :
- Senin s.d Jum’at : 08:00 s.d 19:00
- Sabtu : 08:00 s.d 17:00
Syarat Umum Pendaftaran
STIKOM Dinamika Bangsa menerima pada calon mahasiswa yang memenuhi persyaratan sebagai berikut :
- Tamatan SLTA atau sederajat
- Mengisi Formulir Pendaftaran secara lengkap dan benar
- Melampirkan dokumen persyaratan :
– Fotocopy Ijazah/STTB/STK yang telah dilegalisir oleh pejabat berwenang (1 lembar)
– Pasphoto 3×4 berwarna (4 lembar)
Seleksi calon mahasiswa STIKOM Dinamika Bangsa dilakukan melalui dua tahap :
- Seleksi Administrasi (pemeriksaan kelengkapan informasi pada formulir dan kelengkapan persyaratan).
- Ujian Saringan Masuk (USM) yang meliputi uji kemampuan : Aptitude, TIK, Bahas Inggris dan Matematika.
- Prosedur Pendaftaran dan Seleksi
Prosedure pendaftaran, seleksi dan daftar ulang bagi calon mahasiswa adalah sebagai berikut:
- Mengambil formulir pendaftaran dan syarat pendaftaran di bagian pendaftaran mahasiswa baru
- Mengisi formulir pendaftaran dan melengkapi syarat pendaftaran
- Menyerahkan formulir yang telah diisi dan dilengkapi dengan syarat ke bagian pendaftaran mahasiswa baru
- Mengambil kartu peserta USM pada tanggal yang telah ditetapkan
- Mengikuti ujian saringan masuk (USM) pada tanggal yang telah ditetapkan
- Melihat pengumuman hasil USM melalui website (http://www.stikom-db.ac.id) dan atau mading di STIKOM Dinamika bangsa
- Prosedur Daftar Ulang Mahasiswa Baru
Calon mahasiswa yang telah dinyatakan lulus seleksi dapat melakukan pendaftaran ulang dengan mengikuti prosedur sebagai berikut:
- Mengambil formulir daftar ulang, pernyataan calon mahasiswa (form A1 dan A2) dan informasi pembayaran di bagian Administrasi.
- Mengisi formulir Daftar Ulang, form A1, form A2 dan membayar uang kuliah pada Bank dan nomor Rekening yang telah ditetapkan kemudian tanda bukti setoran ke Bank difotocopy (3 rangkap).
- Formulir Daftar Ulang, form A1, form A2 dan pernyataan yang telah diisi dan dan ditandatangi serta tanda bukti setoran yang asli diserahkan ke bagian Administrasi (FO).
- Petugas Administrasi , formulir , pernyataan dan memeriksa tanda bukti setoran, dan menyerahkan tanda terima bukti setoran.
- Mahasiswa memfotocopy Tanda terima bukti setoran (3 rangkap).
- Setelah melakukan daftar ulang Mahasiswa wajib mengikuti kegiatan pengenalan kampus (OMBAK) sesuai jadwal yang telah ditetapkan.
- Tata Tertib Peserta USM
a) Kewajiban Peserta Ujian :
Setiap peserta ujian wajib,
- Berpakaian rapi hitam putih (kemeja putih, celana/ rok hitam) dan memakai sepatu;
- Membawa alat-alat tulis seperti pensil 2B dan penghapus;
- Membawa kartu tanda peserta Ujian Saringan Masuk;
- Hadir 15 menit sebelum ujian berlangsung;
- Mengisi/ menandatangani daftar hadir/ absensi.
b) Larangan Peserta Ujian :
Selama ujian berlangsung setiap peserta ujian dilarang,
- Bekerjasama dalam menjawab soal / mengisi lembar jawaban;
- Meminjam / meminjamkan alat tulis;
- Mewakili/ menjadi joki peserta ujian lain;
- Mengaktifkan HandPhone;
- Menggunakan kalkulator;
- Membawa dan menggunakan kamus;
- Melakukan kegiatan-kegiatan yang mengganggu peserta lain, dan menggangu ketertiban ujian;
c) Sanksi
Bagi peserta ujian yang melanggar salah satu dari larangan diatas maka peserta mendapat sanksi berupa;
- Tidak diijinkan mengikuti ujian;
- Di keluarkan dari ruang ujian;
- Dinyatakan gugur.
- Pengunduran Diri
- Calon mahasiswa dianggap mengundurkan diri bila tidak memenuhi pembayaran kewajiban keuangan sesuai dengan jadwal yang telah ditentukan.
- Pengunduran diri dari STIKOM Dinamika Bangsa , akan menerima kembali uang yang telah disetorkan setelah dipotong sebesar 25% dari total uang telah disetorkan.
Pengunduran diri yang dimaksud di atas adalah:
Bila calon mahasiswa diterima pada Perguruan Tinggi Negeri (PTN) melalui jalur reguler (bukan PMDK), dengan syarat:
- Mengajukan surat pengunduran diri ke Ketua STIKOM Dinamika Bangsa yang disampaikan melalui BAAK.
- Melampirkan fotocopy bukti daftar ulang PTN tersebut serta menunjukkan aslinya selambat-lambatnya tanggal 1 September 2012.
- Melampirkan bukti setoran biaya perkuliahan.
- Apabila calon mengundurkan diri selain alasan di atas, biaya yang telah dibayarkan tidak dapat diminta kembali.
- Jadwal Kegiatan PMB
Kegiatan PMB 2013 dilakukan melalui 4 (empat) gelombang pendaftaran dan penerimaan mahasiswa baru dengan mengikuti Kalender PMB 2012/2013 sebagai berikut :
QUICK STUDY I
|
KEGIATAN
|
JADWAL
|
Masa Pendaftaran |
Januari s.d 26 April 2013
|
Seleksi |
27 April 2013
|
Pengumuman Hasil |
29 April 2013
|
Daftar Ulang |
29 April s.d 30 Mei 2013
|
Basic Skill Improvement |
10 Juni s.d 22 Juni 2013
|
Kuliah QS I |
10 Juni s.d 3 Agustus 2013
|
Seminar IT |
September 2013 (Jadwal Menyusul)
|
Pra OMBAK |
7 September 2013
|
OMBAK |
9 s.d 11 September 2013
|
Awal Perkuliahan |
30 September 2013
|
QUICK STUDY II
|
KEGIATAN
|
JADWAL
|
Masa Pendaftaran |
29 April 2013 s.d 31 Mei 2013
|
Seleksi |
1 Juni 2013
|
Pengumuman Hasil |
3 Juni 2013
|
Daftar Ulang |
3 Juni 2012 s.d 4 Juli 2013
|
Basic Skill Improvement |
8 Juli s.d 20 Juli 2013
|
Kuliah QS II |
8 Juli s.d 7 September 2013
|
Seminar IT |
September 2013 (Jadwal Menyusul)
|
Pra OMBAK |
7 September 2013
|
OMBAK |
9 s.d 11 September 2013
|
Awal Perkuliahan |
30 September 2013
|
REGULER I
|
KEGIATAN
|
JADWAL
|
Masa Pendaftaran |
03 Juni 2013 s.d 06 Juli 2013
|
Seleksi |
06 Juli 2013
|
Pengumuman Hasil |
08 Juli 2013
|
Daftar Ulang |
08 Juli s.d 31 Juli 2013
|
Basic Skill Improvement |
19 Agustus s.d 31 Agustus 2013
|
Pra OMBAK |
7 September 2013
|
OMBAK |
9 s.d 11 September 2013
|
Awal Perkuliahan |
30 September 2013
|
REGULER II
|
KEGIATAN
|
JADWAL
|
Masa Pendaftaran |
08 Juli 2013 s.d 16 Agustus 2013
|
Seleksi |
19 Agustus 2013
|
Pengumuman Hasil |
20 Agustus 2013
|
Daftar Ulang |
20 Agustus s.d 30 Agustus 2013
|
Pra OMBAK |
7 September 2013
|
OMBAK |
9 s.d 11 September 2013
|
Awal Perkuliahan |
30 September 2013
|
- Mahasiswa Pindahan/Alih Kredit
STIKOM Dinamika Bangsa menerima mahasiswa yang telah mengikuti kuliah di perguruan tinggi lain dan ingin melanjutkan studi di STIKOM Dinamika Bangsa Jambi dengan ketentuan sebagai berikut :
- Berasal dari program studi yang linear dengan program studi yang dituju di STIKOM Dinamika Bangsa
- Status akreditasi program studi perguruan tinggi sekurang-kurangnya sama dengan status Akreditasi program studi yang akan dituju di STIKOM Dinamika Bangsa
- Melampirkan Surat Keterangan Pindah dari Perguruan tinggi asal (untuk perguruan tinggi dalam negeri)
- Melampirkan transkrip nilai dan silabus kurikulum program studi dari perguruan tinggi asal (untuk keperluan penyetaraan nilai).
- Setelah memenuhi persyaratan a sampai dengan d, mengikuti wawancara sesuai kebutuhan setiap program studi.
- Program studi akan memberikan jawaban tentang status penerimaan mahasiswa pindahan/alih kredit kepada calon mahasiswa bersangkutan.
- Mahasiswa yang dinyatakan diterima, selanjutnya mengikuti prosedur yang sama seperti mahasiswa baru.
About the author